Join Us

Monday, December 26, 2016

Apa Itu NFC dan Cara Menggunakanya




Fitur NFC (Near field communication)sudah termasuk lama hadir di perangkat smartphone. NFC sendiri merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan smartphone dapat terhubung dengan smartphone lainnya melalui jaringan radio. Di industri perangkat mobile khususnya smartphone, NFC digunakan sebagai alat untuk berbagi data atau file sharing. Seperti bertukar foto, video, musik, kontak, aplikasi, dan yang lainnya dengan peroses yang sangat cepat.

Pada beberapa tipe smartphone, fitur NFC dapat terlihat dari tanda yang terdapat pada bodi. Misalnya pada smartphone Sony yang menampilkan tanda huruf “N” di bagian belakangnya. Sementara pada hape Samsung Galaxy Note 4, fitur NFC dapat terlihat dari tulisan “Near Field Communication” pada baterainya seperti di bawah ini.

Jika tidak terdapat tanda, untuk mengetahui smartphone Android kamu memiliki fitur NFC atau tidak, kamu bisa masuk ke menu Settings > Wireless & Networks > lalu klik More. Fitur NFC akan terlihat jika smartphone kamu mendukungnya.

Bertukar File melalui NFC di Semartpon Android.

Sebelum bertukar file, kamu harus mengaktifkan fitur NFC terlebih dahulu pada menu Setting, kemudian menempelkan bagian belakang kedua smartphone tersebut. Setelah terhuhubung, tap file untuk memulai proses transfer data.

Berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan saat bertukar file menggunakan NFC:

Baik smartphone pengirim atau penerima harus mengaktifkan fitur NFC dan Android Beam yang ada di dalamnya. Smartphone tidak dalam keadaan terkunci atau dalam mode sleep. Jangan menjauhkan keduanya (tidak lebih dari 10 cm) hingga proses transfer data selesai. Ketika kamu mendengar audio feedback, maka proses transfer data telah selesai, simak juga vidionya di bawah ini.



 Tinggalkan komentar yang membangun dan terimakasih sudah berkujung di OK INFO NET.






No comments: